Kamis, 21 Oktober 2010

Bangunan Bersejarah di Kecamatan Anggana



SELAIN dikenal dengan wilayah yang kaya akan sumber daya alam (SDA), Kecamatan Anggana, Kutai Kartanegara (Kukar) juga dikenal dengan wilayah yang menyimpan segudang nilai sejarah.
Hingga saat ini saja, puning-pungin peninggalan bukti penjajah Belanda masih dapat dinikmati dengan mata. Sehingga penikmat sejarah, tak hanya dapat mendengar cerita, namun juga dapat menyaksikan secara langsung sejumlah peninggalan para penjajah di kawasan itu.

Selain pompa minyak bumi manual yang tersebar di sejumlah kawasan, sejumlah rumah peninggalan Belanda juga masih ada hingga saat ini. Namun sayangnya beberapa bukti sejarah yang sangat berharga itu sepertinya diabaikan dan tak dirawat. Sehingga kondisinya saat ini sudah mulai rusak dimakan waktu dan usia.

Salah satu bukti nyata bahwa Anggana sempat menjadi tempat kekuasaan Belanda adalah bangunan dengan arsitektur gaya Eropa yang hingga saat ini masih berdiri. Bangunan yang diperkirakan adalah sebuah kantor milik penjajah tersebut saat ini kondisinya memprihatinkan. Selain sudah mulai rapuh dan rusak, bangunan itu sudah tak dapat dihuni lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar