Kamis, 15 April 2010

Jaringan Intranet


intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.



perbedaan spesifik nya adalah bahwa intranet adalah jaringan lokal. pc to pc dalam 1 tempat, sedangkan internet perluasan dari intranet


ada lagi penjelasannya:
Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet dan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.

Keuntungan menggunakan Internet dan Intranet saat ini banyak sekali sampai saya gak bisa nuliskan satu-persatu. Contohnya adalah yang sedang Anda lakukan saat ini yaitu mencari informasi, mendapatkan informasi, bertukar informasi lewat Internet.

Perbedaan intranet dengan internet dan ekstranet:
Intranet

Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)
Ekstranet
Jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.
Internet
Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.

8 komentar:

  1. Saya sangat setuju dan mendukung jaringan intranet ini. Karena, pekerjaan sebuah ataupun antar perusahaan jadi lebih efisien, hemat biaya, waktu dan hemat was-was alias aman. ini dikarenakan jaringan intranet merupakan jaringan yang bersifat private. yang berarti, jaringan ini hanya bisa diakses oleh orang-orang yang bersangkutan dengan instansi atau perusahaan yang mengaplikasikan jaringan intranet. So, tanpa speedy pun transfer data juga bisa cepat.

    BalasHapus
  2. apakah jaringan intranet ini memiliki kelemahan ???

    BalasHapus
  3. apakah jaringan intranet ini memiliki kelemahan ???
    aprilian karambe
    april_bdc@yahoo.co.id

    BalasHapus
  4. jaringan ini aman karena bersifat private. Dan dapat membantu suatu prusahaan karena tingkat security nya yang aman. jadi rahasia perusahaan tidak tersebar secara publiK.

    Dari Ina Irfiana ( II 5 )

    BalasHapus
  5. Saya Sangat setuju dengan penjelasan yang bapak berikan kepada saya,mengenai Jaringan Internet
    yang merupakan suatu jaringan yang sangat efesien dan menarik untuk di pelajari dalam bidang teknologi informatika,,yang juga dapat mempermudahkan komunikasi dalam jarak jauh,melalui
    chatting,e-mail,facebook dll,!!!


    By:Elisabeth.E
    E-mail:libra_elis@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Saya sutuju dengan penulis tuliskan pada blog anda karna internet dan intranet sangat Menguntungkan dan banyak medampak positifx karena mempermudah kegiatan pertukaran informasi,dan data2........!!!!!!
    dan saya mengharapkan lebih bxk infrmsi yang anda sampaikan dalam blog anda khusnya dalam dunia TKJ

    By MoZzA
    E-mail : baby_felix18@yahoo.co.id

    BalasHapus
  7. Ternyata penggunaan Intranet ini sangat menguntungkan bagi user/client, karena adanya Intranet suatu pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan speedy pun transfer data bisa lebih cepat dan biaya yang di keluarkan tidak terlalu banyak.

    Oya, saya mau bertanya ne, apa sich kelemahan dari Intranet dan jelaskan apa yang dimaksud dengan Ekstranet secara jelas???


    From : Fitriana
    E-mail : Fitriana1992@yahoo.com

    BalasHapus
  8. Menurut saya,Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi.nternet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkan email, menghubungkan komputer satu ke ke komputer yang lain, mengirim dan menerima file.




    Dari : Theodora maharani
    Email : any_lovemy@yahoo.co.id

    BalasHapus