Jumat, 16 April 2010

Pengertian dan Arti Subnetting

Subnetting adalah pembagian suatu kelompok alamat IP menjadi beberapa network ID lain dengan jumlah anggota jaringan yang lebih kecil, yang disebut subnet (subnetwork).
Subnet Mask merupakan angka biner 32 bit yang digunakan untuk :
•Membedakan antara network ID dengan host ID.
•Menunjukkan letak suatu host, apakah host tersebut berada pada jaringan luar atau jaringan lokal.

Tujuan dalam melakukan subnetting ini adalah :
•Membagi satu kelas netwok atas sejumlah subnetwork dengan arti membagi suatu kelas jaringan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
•Menempatkan suatu host, apakah berada dalam satu jaringan atau tidak.
•Untuk mengatasi masalah perbedaaan hardware dengan topologi fisik jaringan.
•Penggunaan IP Address yang lebih efisien.

Ada dua pendekatan dalam melakukan pembentukan subnet, yaitu :
•Berdasarkan jumlah jaringan yang akan dibentuk.
•Berdasarkan jumlah host yang dibentuk dalam jaringan.

Kedua-duanya akan dipakai untuk menentukan efisiensi pe¬nomoran IP dalam suatu lingkungan jaringan. Pada subnet mask seluruh bit yang berhubungan dengan host ID diset 0. Sedangkan bit yang berhubungan dengan network ID diset 1.
Untuk menentukan suatu host berada pada jaringan luar atau pada jaringan lokal, kita dapat melakukan operasi AND antara subnet mask dengan IP Address asal dan IP Address tujuan, serta membandingkan hasilnya sehingga dapat diketahui ke mana arah tujuan dari paket IP tersebut. Jika kedua hasil operasi tersebut sama, maka host tujuan terletak di jaringan lokal dan paket IP dikirim langsung ke host tujuan. Jika hasilnya berbeda, maka host terletak di luar jaringan lokal, sehingga paket IP dikirim ke default router.

11 komentar:

  1. Konsep seperti inilah sebenarnya konsep subnetting itu. Disatu sisi ingin mempermudah pengelolaan, misalnya suatu kantor ingin membagi kerja menjadi 3 divisi dengan masing- masing divisi memiliki 15 komputer (host). Disisi lain juga untuk optimalisasi dan efisiensi kerja jaringan, karena jalur lalu lintas tidak terpusat di satu network besar, tapi terbagi ke beberapa ruas-ruas gang. Yang pertama analogi Jl Gatot Subroto dengan rumah disekitarnya dapat diterapkan untuk jaringan adalah seperti NETWORK ADDRESS (nama jalan) dan HOST ADDRESS (nomer rumah). Sedangkan Ketua RT diperankan oleh BROADCAST ADDRESS (192.168.1.255), yang bertugas mengirimkan message ke semua host yang ada di network tersebut. Masih mengikuti analogi jalan diatas, kita terapkan ke subnetting jaringan adalah seperti gambar di bawah. Gang adalah SUBNET, masing-masing subnet memiliki HOST ADDRESS dan BROADCAST

    By : Agustinus p.
    Email : agusciff@ymail.com

    BalasHapus
  2. Menurut saya ip subneting adalah suatu program jaringan dapat memudakan kita untuk membangun suatu jaringan dan mempunyai tujuan yang sangat bagus dan efisien yang dapat membagi netid,broadcast,ip address,netmask,network dll yang berhubungan dalam membangun suatu jaringan

    By :Vheny wahyu utami
    Email :Wahyu_Utami@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. menurut saya benar penjelasan bapak!!!ip subneting itu sangat efisien!!!

    BalasHapus
  4. Menurut saya memang benar penjelasan bapak!!!ip subneting merupakan pembagi suatu kelas/membagi network menjadi bagian yg lebih kecil!!!

    By: Aureliana
    email: rellynaga@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. Saya mau menambahkan sedikit tentang topik ini,,
    menurut penulis, siapakah yang pertama kaliX melaksanakan sistem subneting itu sendiri



    by Agus

    Makasi aja

    BalasHapus
  6. Hal yang menarik, karena kita belajar untuk membagi-bagi network ID. Jadi, kita akan mengetahui cara yang tepat untuk menentukan network mana yang harus kita aplikasikan di dalam membentuk sebuah jaringan.

    Dari : Rahmawati ( II 5 )

    BalasHapus
  7. Saya sangat setuju sekali karena kita jadi tahu network ID yng mana yang harus kita aplikasikan. Saya harus serius dalam belajar Subnetting.
    Karena pelajaran Subnetting juga merupakan salah satu hal penting di dalam dunia maya.

    Dari : Winda Purnamawati ( II 5 )

    BalasHapus
  8. saya setuju dengan semua pendapat teman2 yang menerangkan tentang kegunaan ip subnetting pak...
    karena dengan ip subnetting kita bisa terhubung dengan jaringan yang dapat mempermudah kinerja kita sehari2....
    saya cuma bisa memberi pendapat ini saja pak dan saya juga ingin bertanya sedikit tentang cara menghubungkan IP kedalam billing....itu ajja pak dan terimakasih...


    By :Shanty Emawaty
    klass : II 5
    email :Shanty_ermawaty@yahoo.com

    BalasHapus
  9. dengan subneting kita dapat mengefisienkan penggunaan IP... serta cara kerjanya yang sangat berguna dan menarik untuk kita....!!!?? ^_^


    from : Taufik irawan ( 2.5 )
    e-mail : tnackal@yahoo.com

    BalasHapus
  10. subnet...
    subnet...
    masih perlu belajar banyak untuk newbie seperti saya..
    makasih atas info nya :)

    BalasHapus